Saluran Internet dan Ukuran Kecepatan Akses Internet

Jaringan koneksi internet lemot terkadang suka bikin kita jengkel, terlebih lagi ketika kita sedang benar-benar butuh akses internet. Tetapi kita tidak tahu ukuran kecepatan akses internet yang kita gunakan.  Padahal sebenarnya kecepatan akses internet itu bergantung pada saluran atau provider yang kita percaya. Terkadang kita menggunakan provider yang sama dengan teman kita, tetapi ada perbedaan kecepatan ketika kita mengakses data. Perbedaan itu dikarenakan bandwith yang tersedia tidaklah sama. Misalnya, teman kita menggunakan internet dengan bandwith 20 Mbps (mega byte per second) sedangkan kita hanya 10 Mbps. Bandwith ini layaknya lebar jalanan di jalan raya, semakin besar jalanan semakin lancar juga perjalanan. Sehingga bandwith dengan 20Mbps akan lebih cepat akses internetnya ketimbang 10Mbps.

Selain Mbps, satuan untuk kecepatan akses internet ialah Kbps (kilo bytes per second). Kbps merupakan satuan yang lebih kecil dari Mbps. Misalnya ketika kita browsing internet, kecepatan yang tertera ialah 32Mbps. Artinya ukuran kecepatan akses internet yang kita gunakan mampu mendownload atau transfer data sebesar 32Mb dalam satu detik. Tetapi dalam kenyataanya, kecepatan internet ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya ialah faktor kecepatan komputer yang digunakan, kepadatan lalu lintas internet dan besar bandwith yang ada. Kepadatan lalu lintas disini berarti banyaknya orang yang mengakses suatu website.

ukuran kecepatan akses internet

Untuk bisa mengakses internet, ada beberapa jaringan yang bisa digunakan. Misalnya melalui jaringan telepon umum. Jaringan telpon umum ini dibagi lagi menjadi dua yaitu dial up yang menggunakan saluran telepon rumah dan ADSL yang merupakan teknologi modem dengan kecepatan tinggi. Selanjutnya melalui jaringan telepon seluler (GSM dan CDMA). Pada jaringan ini juga masih terbagi lagi yaitu kecepatan dengan GPRS, 3G, HSDPA, dan 4G. Berikutnya kecepatan akses dengan melalui Wireless  yang terbagi dalam Wireless Fidelity (wifi) dan Wireless Broadband (wibro). Dan yang terakhir  akses internet dengan jaringan kabel yang terbagi menjadi LAN (local area network) dan TV kabel. Dari berbagai saluran akses internet tersebut, masing-masing memiliki ukuran kecepatan akses internet yang berbeda-beda.

Saluran Internet dan Ukuran Kecepatan Akses Internet. Post by: ukuran | 4.5
Tags:

Categories: Ukuran Lainnya