Ukuran Kertas A2 dan Gunanya

Kertas seri A adalah salah satu ukuran yang sesuai dengan standart ISO, salah satunya adalah ukuran kertas A2. Setiap kertas yang memiliki ukuran yang berbeda biasanya juga memiliki fungsi yang berbeda. Kertas seri A umumnya digunakan oleh penerbitan ataupun perkantoran. Ukuran kertas ISO didasarkan atas aspek tunggal atau kira-kira berukuran 1:1,41 dengan dasarnya adalah kertas A0 yang memiliki ukuran setara 1 meter persegi atau 841x1189 milimeter. Angka yang ada di belakang huruf menandakan bahwa nilainya setengah dari ukuran angka. Itu berarti kertas A2 memiliki ukuran kertas 420 mm x 594 mm atau 16,54 in x 23,99 in. Kertas A2 juga berarti memiliki ukuran seperempat dari kertas A0.

Salah satu kertas yang paling sering digunakan adalah kertas A4 yang biasanya digunakan untuk fotocopy ataupun untuk ngeprint. Ukuran kertas A2 ini bisa dikatakan sama dengan empat kali kertas A4. Salah satu kertas A2 adalah kertas transparan yang digunakan untuk print gambar ataupun gambar sablon yang kita kenal dengan nama kertas kalkir. Selain kalkir, jenis kertas yang memiliki ukuran A2 adalah HVS dan Art paper. Kertas HVS adalah kertas berwarna putih yang biasanya digunakan untuk fotocopy dan memiliki ukuran yang lengkap mulai dari A0 hingga A4. Sedangkan art paper adalah kertas warna putih lentur, tipis dan mengkilap yang biasa digunakan untuk cetak brosur, majalah, kalender, hard cover dll.



Jika kita mendapatkan tugas membuat peta ataupun poster, maka kertas A2 adalah ukuran kertas yang paling tepat. Kertas A2 juga bisa digunakan untuk mencetak foto dengan format atau ukuran yang besar dan biasanya kertasnya dalam bentuk roll yaitu dengan ukuran 42 x 59,4 cm. Kertas A2 untuk mencetak foto ini biasanya memiliki tekstur yang glossy atau mengkilat dan juga doff. Karena itulah, kita perlu melapisi hasil cetak foto dengan film lamitaning agar hasil foto lebih awet. Ukuran kertas A2 ini merupakan ukuran standar international ISO 216 berdasarkan Jerman DIN 476-standar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel